Jumat, 04 Januari 2013

“MARKET DAY” UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN ENTERPRENEURSHIP ANAK


Betapa semangatnya siswa/i di sebuah  SDIT di kawasan Beji Depok, sesaat setelah para guru mengumumkan kegiatan Market Day di sekolah. Yang lebih semangat lagi ternyata adalah para orang tua mereka. Ada yang sudah jauh-jauh hari mempersiapkan bahan-bahan yang nantinya akan diolah sebagai hasil karya anak-anaknya. Ada juga yang sudah berniat menjual sesuatu dalam bazaar yang biasanya digelar bersamaan dengan kegiatan Market Day tersebut.

Inilah salah satu hal positif yang muncul dalam sebuat event “entrepreneurship” yang terjadi di berbagai sekolah lainnya. Orang tua, siswa dan guru bahu membahu mempersiapkan segala sesuatu demi kesuksesan dan kemeriahan acara tersebut.

Satu hal yang menarik dalam kegiatan entrepreneurship semacam ini adalah “keterlibatan” secara aktif semua pihak. Poin ini sangat penting dalam menumbuhkan semangat berusaha. Proses Keterlibatan semacam ini hendaknya sedapat mungkin memunculkan porsi peran yang lebih besar pada diri anak-anak sebagai bintangnya dalam market day nanti. Guru dan orang tua hendaknya berperan menjadi fasilitator aktif.


Paling tidak ada 5 tahapan penting dalam proses menumbuhkan kecerdasan entrepreneurship pada anak. 5 tahapan ini dikenal dengan 5P. Diharapkan anak-anak betul-betul terlibat dalam setiap tahapan ini.

Pertama, Preparation (persiapan), orang tua dan guru melibatkan anak dalam berbagai hal yang perlu disiapkan diawal. Gunakan rumus FITUR. FIkirkan, TUliskan, Realisasikan. Anak dilibatkan dalam memikirkan apa yang akan jual nanti, kemudian mintalah mereka menuliskan apa yang telah disepakati dalam proses berfikir dan berdiskusi tadi, lalu bantu mereka merealisaikan atau mewujudkannya.

Ke dua, Production, anak-anak juga terlibat dalam proses pembuatan produk yang akan dijual. Tahapan ini adalah Realisasi nyata dari proses sebelumnya

Ke tiga, presentation, pada tahapan ini anak dilatih membuat lembar presntasi berupa brosur, leaflet atau poster. Tujuan utamanya adalah melatih anak menuangkan ide-ide daya jualnya yang secar tak langsung akan membantu mereka saat tahap performance nantinya

Ke empat, performance, tahapan ini anak terlibat lebih aktif lagi. Peran utamanya adalah sebagai sales and marketing. Performa mereka betul-betul dioptimalkan dalam tahapan ini.

Ke lima,portofolio,  tahap terakhir adalah mengajarkan anak melatih membuat laporan hasil penjualan secara sederhana dengan melampirkan tanda terima atau kuitansi yang telah diteken oleh sang pembeli.Semoga ke 5 tahapan di atas dapat membantu kita dalam melatih anak-anak menjadi sang enterpreneur sejati. Wallahu’alam bishowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar