Minggu, 15 Januari 2012

KEMNAS 2 USAI, PRAMUKA SEKOLAH ISLAM TERPADU KEMBALI BERKIPRAH

Sebanyak  5.700 peserta Perkemahan Nasional (KEMNAS) ke-2 Satuan Komunitas Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SAKO Pramuka SIT) telah kembali ke pangkalannya masing-masing. Setelah bertemu dan berpadu di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta sejak 11 – 14 Januari 2012 lalu. Sebanyak 28 Kwartir Daerah atau Propinsi ikut ambil bagian dalam event ini. 85% peserta merupakan Pramuka
Penggalang usia SD dan SMP, sisanya merupakan Pramuka Penegak.

Perhelatan Akbar bagi Pramuka Penggalang dan Penegak ini merupakan wujud keseriusan SAKO Pramuka SIT dalam berperan aktif mencerdaskan bangsa sekaligus membentuk karakter positif dalam diri generasi muda Indonesia.” Ungkap Ahmad Fikri Ketua Pimpinan Nasional SAKO Pramuka SIT. “Kegiatan ini juga merupakan sarana bertukar pengalaman dan berbagi ilmu kepramukaan, baik sesama peserta maupun antara para pembina pendamping, termasuk dengan para peserta dari luara negeri seperti dari KRS Malaysia dan Lukse dari Thailand” Fikri menambahkan.

Kegiatan dalam KEMNAS 2 ini dibagi menjadi 5 katagori yaitu : Iman dan Taqwa, kunjungan edukatif bertemakan Bela Negara, scouting skill, kegiatan rotasi bertemakan teknologi dan seni budaya Nusantara bernuansa religi serta olahraga. Katagori Iman dan Taqwa diwujudkan dalam aktifitas sholat berjama’ah pada tingkat kelurahan dalam perkemahan, para peserta juga melakukan dzikir Al Ma’tsurot di pagi dan petang hari. Yang menonjol dalam katagori iman dan taqwa adalah penyelenggaraan Sholat Tahajud (Qiyamullail) dan Muhasabah diri yang dipimpin oleh Ustadz Dedi Martoni. Untuk kunjungan edukatif, para peserta diajak melihat dari dekat “kegagahan” dan kehebatan para anggota Brimob di MAKO Brimob Kelapa Dua dan yang tak kalah serunya adalah melihat dari dekat moda tranportasi udara kenegaraan yang biasa digunakan oleh Presiden dan wakil presiden dan beberapa pesawat militer Angkatan Udara langsung di sarangnya Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma. Para peserta nampak antusias dapat menaiki bahkan masuk ke dalam kokpit pesawat Hercules yang bertengger di sekitar landasan. Ditemani oleh beberapa prajurtit TNI AU yang berseragam overall “orange” ala pilot pesawat militer membuat para peserta semakin terpikat dengan matra dirgantara. “kami sangat senang dan berterima kasih kepada adik-adik Pramuka, yang telah berkunjung ke sini, sebagai bentuk semangat bela negara dan mengembangkan wawasan dirgantara.” Ujar Kadis. Binpot Dirga Mayor Ali Gusman dalam kata sambutannya dihadapan barisan peserta KEMNAS 2 SAKO Pramuka SIT.

Pada katagori scouting skill para peserta belajar melakukan masak rimba dan survival sekaligus menjalani halang rintang yang dipandu oleh kakak Pelatih dari Pusdiklatnas Gerakan Pramuka. Tak ketinggalan demonstrasi formasi baris berbaris yang dilombakan dan pengelolaan arena tenda regu menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta. Aneka formasi dan gerakan baris berbaris “patah-patah” ditampilkan oleh para penggalang secara beregu lengkap dengan yel-yel penyemangatnya. Seakan tak mau kalah dengan para penggalang, para penegak juga menampilkan kemampuannya dalam mengolah bambu dan menjalin tali temali menjadi sebuah menara pandang serta kemampuannya menyelamatkan diri di peraian dengan membuat rakit yang digunakan untuk menyeberangi  danau cibubur. Kegiatan rotasi yang bertemakan teknologi, para peserta dilatih merakit roket air yang dapat menjulang tinggi dan mengenal lebih dekat tentang teropong bintang. Ke dua teknologi tersebut disajikan oleh tim ahli yang didatangkan langsung oleh PPIPTEK yang berbasis di TMII. Dan pada katagori olahraga, para peserta dimanjakan dengan berlatih memanah serta menembak. Tak terkira keinginan peserta untuk mendapat giliran memanah serta menembak, tak peduli cuaca hujan yang terus mengguyur dan tanah yang becek. Dan yang cukup menghibur para peserta adalah aerobik bersama dipandu instruktur yang berpengalaman sekaligus Dosen Olahraga di UNJ, Sujarwo, M.Pd. Sementara pada katagori kegiatan seni budaya Nusantara bernuansa religi, para peserta secara bergantian menampilkan kebolehannya menampilkan kesenian daerah masing-masing yang bernuasa religi diselingi oleh penampilan Tim-tim nasyid papan atas Indonesia seperti Justice Voice, Ruhul Jadid, Shotul Harokah dan Izzatul Islam.

KEMNAS 2 SAKO Pramuka SIT yang dibuka dan ditutup oleh Ka. KWARNAS Gerakan Pramuka Prof. DR. Azrul Azwar, M.Ph ini seyogyanya merupakan event 3 tahunan, yang bertujuan menjalin ukhuwah dan meningkatkan jiwa Patriotisme sekaligus mengevaluasi sejauh mana tingkat perkembangan para anggota Pramuka yang bernaung dalam SAKO Pramuka SIT. “Selain pesta Pramuka semacam ini, kami juga terus secara sistematis mengembangkan kurikulum latihan dan meningkatkan kapasitas para pembina melalui kursus-kursus seperti KMD, KML, KPD dan KPL yang diselengggarakan secara berjenjang oleh Pusdiklat Gerakan Pramuka, semoga upaya kami berperan aktif membangun negeri ini dapat terus berkesinambungan.” Pungkas Fikri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar